-->
Peta Kabupaten Halmahera Selatan
Kabupaten Halmahera Selatan yakni salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Labuha. Kabupaten ini mempunyai luas wilayah 8.892 km² dan berpenduduk sebanyak 198.911 jiwa (2010). Tanggal Peresmian 25 Februari 2003.

Peta Kabupaten Halmahera Selatan 


Kabupaten Halmahera Selatan  ialah wilayah yang terdiri atas banyak pulau. Ibukota dari Halmahera Selatan, Labuha, terletak di Pulau Bacan yang ialah pulau terbesar di Halmahera Selatan. Karena daerahnya yang berpulau-pulau tersebut maka transportasi yang paling penting sekaligus umum dipakai yakni bahtera dan kapal umum. 

Untuk menuju ke Pulau Bacan, perlu menempuh sekitar 8 jam perjalanan dengan memakai kapal bahari dari Ternate hingga Pelabuhan Babang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum selama 30 menit dari Babang ke ibukota Kabupaten Halmahera Selatan, Labuha. Dari Labuha menuju SD penempatan masing-masing diharapkan moda transportasi dan waktu tempuh yang tidak sama; bervariasi dengan angkutan umum, ojek, hingga ketinting (perahu motor) sekitar 30 menit hingga 3 jam perjalanan. 
Moto: SARUMA

LihatTutupKomentar