-->
Peta Kabupaten Timor Tengah Selatan
Kabupaten Timor Tengah Selatan ialah  kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, ibukota nya Soe (baca so'e). Kota ini biasa disebut "The Freezing City" atau "Kota Membeku" sebab cuaca di kota ini jauh lebih cuek dibandingkan kota lainnya di Pulau Timor. Kota ini berjarak 110 km dari Kupang, atau sekitar 185 km dari Atambua.

Peta Kabupaten Timor Tengah Selatan


Secara astronomi Kabupaten Timor Tengah Selatan berada pada Koordinat 124°3'13"-124°49'56" BT dan 9°26'-10° 10'0"LS. Luas wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan ialah 3.947,1 km2 dengan jumlah penduduk 441.155 jiwa (2010).  Di kabupaten ini terdapat beberapa dataran yang sangat luas yang lalu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai lahan pertanian atau sawah. Komoditas utama pertanian ketika ini ialah Jeruk Soe yang terkenal. Selain itu kabupaten ini populer sebagai gudang ternak dan juga kayu cendana yang harum, namun sudah semakin langka.

Kabupaten Timor Tengah Selatan juga mempunyai objek wisata yang tidak kalah menarikdanuniknya dengan kawasan lainnya di Indonesia, misalnya:
  • Pantai Kolbano yang populer dengan kerikil berwarnanya
  • Pantai Oetune
  • Air Terjun Oehala
  • Taman Rekreasi Buat
  • Cagar Alam Gunung Mutis yang ialah pegunungan tertinggi di Pulau Timor
Rencana pemekaran wilayah:
Kabupaten Amanatun, Kecamatan yang mungkin bergabung dengan kabupaten ini meliputi: Amanatun Selatan, Amanatun Timur, Amanatun Utara, Boking, Fatukopa, Kok'baun, Santian dan Toianas.
Soe ialah ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan akan dinaikkan menjadi kotamadya. Kecamatan yang mungkin bergabung ke dalam kota ini mencakup : Kota Soe, Mollo Barat, Mollo Selatan, Mollo Tengah dan Mollo Utara.

LihatTutupKomentar