-->
Tidore Kepulauan
Kota Tidore Kepulauan yakni salah satu kota di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Kota ini mempunyai luas wilayah 1.550,37 km², yang menjadikannya kota terluas kedua di Indonesia setelah Kota Palangka Raya. Kota Tidore dipimpin oleh wali kota Captain Ali Ibrahim dan wakil wali kota Muhammad Senin (2016 - 2021). Tanggal Peresmian Kota Tidore Kepulauan yaitu 31 Mei 2003.

Tidore Kepulauan


Salah satu tokoh asal Tidore yang populer yakni Sultan Nuku yang juga sudah diangkat sebagai hero nasional. Nama tokoh ini juga diawetkan sebagai nama kapal perang KRI Nuku. Tokoh lainnya yakni Zainal Abidin Syah, gubernur pertama Papua Barat tahun 1950-an yang pada waktu itu diberibukota di Soa Sio Tidore.

Kecamatan di Kota Tidore Kepulauan adalah:
  1. Oba
  2. Oba Selatan
  3. Oba Tengah
  4. Oba Utara
  5. Tidore
  6. Tidore Selatan
  7. Tidore Utara
  8. Tidore Timur
Makanan khas kota ini yang tidak terdapat di kawasan lain di Maluku Utara yakni lapis tidore, makanan ringan elok bilolo, makanan ringan elok kale-kale, makanan ringan elok bubuk dan juga mam raha serta popeda. Ada juga tela gule dan uge ake. Serta Kumpulan makanan adab yang dinamakan Ngam Saro.

Objek wisata menarikdanunik
Beberapa objek wisata yang ada di kota ini yakni pantai Ake Sahu, taman bahari Pulau Maitara, museum Kesultanan Tidore Sonyine Malige, pantai Cobo, benteng Tahua dan tugu pendaratan "Sebastiano De Elaco" (pelaut dari Spanyol). Wisata Pulau Failonga. Untuk Wisata Spiritual Kelurahan Gurabunga menjadi tempat tujuan utama serta Beberapa Makam Aulia yang muncul dengan sendirinya yang disebut JERE.

Transportasi yang ada di kota ini yakni mikrolet, becak motor, ojek . Untuk ke kota ini, sanggup di tempuh dari kota Ternate dengan feri dengan waktu tempuh 30 menit dan speedboat yang waktu tempuhnya tak hingga 10 menit dari Ternate.

Di kota ini juga terletak Kelurahan Sofifi, Kecamatan Oba Utara yang ialah ibukota defenitif provinsi Maluku Utara. Rencananya setelah infrastruktur pemerintahan dan kemudahan lainnya dibangun, kegiatan pemerintahan akan dipindahkan dari Ternate ke kawasan ini. Sofifi berada di kecamatan Oba Utara pulau Halmahera.

Semboyan: Toma Loa Se Banari

LihatTutupKomentar