-->
Perbedaan Tanah Dan Lahan
Anda mungkin bertanya apa relasi Pedosfer dengan tanah dan lahan? Pedosfer atau tanah yakni lapisan kulit bumi yang tipis terletak di bab paling atas permukaan bumi. Lalu apa bedanya tanah dengan lahan? Selama ini orang awam beranggapan tanah sama pengertiannya dengan lahan. Padahal berdasarkan konsep Geografi tanah dengan lahan mempunyai perbedaan yang mendasar.
   
Tanah dalam Bahasa Inggris disebut soil, berdasarkan Dokuchaev: tanah yakni suatu benda fisis yang berdimensi tiga terdiri dari panjang, lebar, dan dalam yang ialah bab paling atas dari kulit bumi.
     
Sedangkan lahan Bahasa Inggrisnya disebut land, lahan ialah lingkungan fisis dan biotik yang berkaitan dengan daya dukungnya terhadap perikehidupan dan kesejahteraan hidup manusia. Yang dimaksud dengan lingkungan fisis mencakup relief atau topografi, tanah, air, iklim. Sedangkan lingkungan biotik mencakup tumbuhan, hewan, dan manusia. Kaprikornus kesimpulannya pengertian lahan lebih luas daripada tanah.

Bagaimana, apakah Anda sudah mengetahui perbedaan tanah dengan lahan! Coba tuliskan kesimpulanmu pada kertas tersendiri! Sekarang marilah kita pelajari faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembentukan tanah.

LihatTutupKomentar