-->
Peta Kabupaten Buton
Kabupaten Buton yaitu salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Kabupaten Buton terletak di Pulau Buton yang ialah pulau terbesar di luar pulau induk Kepulauan Sulawesi, yang menjadikannya pulau ke-130 terbesar di dunia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pasar Wajo.

Peta Kabupaten Buton


Kabupaten Kabupaten Buton mempunyai luas wilayah 2.488.71 km² (sebelum pemekaran 6.463 km²) dan pada tahun 2004 berpenduduk sebanyak 265.724 jiwa (sebelum pemekaran 533.931 jiwa). Kabupaten Buton populer sebagai penghasil aspal.

Kabupaten Buton mempunyai sungai–sungai, yaitu: Sungai Sampolawa di Kecamatan Sampolawa, Sungai Winto dan Tondo di Kecamata Pasar Wajo, Sungai Malaoge, Tokulo dan Sungai Wolowa di Kecamatan Lasalimu.

Permukaan tanah pepegununganan yang relatif rendah ada juga yang dapat dipakai untuk perjuangan yang sebagian besar berada pada ketinggian 100–500 m di atas permukaan laut, kemienteng tanahnya mencapai 40º.

Dari sudut oceanagrafi mempunyai perairan laut yang masih luas, yaitu diperkirakan sekitar 21.054.69 km² setelah berpisah dengan Kabupaten Wakatobi dan Kabupaten Bombana. Wilayah perairan tersebut sangat potensial untuk pengembangan perjuangan perikanan dan pengembangan wisata bahari, sebab disamping hasil ikan dan hasil laut lainnya, juga mempunyai panorama laut yang sangat indah yang tidak kalah dengan tempat lain di Indonesia.

Rencana pemerintah untuk pemekaran tempat otonomi Kota Pasar Wajo yang akan pisah dengan Kota induknya yakni Kabupaten Buton masih menunggu proses lebih lanjut. Rencananya Kota Pasar Wajo ada 3 kecamatan yang nantinya masuk kedalam kota Pasar Wajo. 

LihatTutupKomentar