-->
Peta Kabupaten Jember
Kabupaten Jember yakni kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia yang diberibukota di Jember. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudera Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di barat. Kabupaten Jember terdiri dari 31 kecamatan. 

Peta Kabupaten Jember


Jember lampau ialah kota administratif, namun semenjak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bab dari Kabupaten Jember. Hari jadi Kabupaten Jember diperingati setiap tanggal 1 Januari.

Kabupaten Jember mempunyai luas 3.293,34 Km2 dengan ketinggian antara 0 - 3.330 mdpl. Iklim Kabupaten Jember yakni tropis dengan kimasukan suhu antara 23C - 32C. Bagian selatan wilayah Kabupaten Jember yakni dataran rendah dengan titik terluarnya yakni Pulau Barong. Pada tempat ini terdapat Taman Nasional Meru Betiri yang berbatasan dengan wilayah administratif Kabupaten Banyuwangi. Bagian barat maritim (berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo yakni pepegununganan, bab dari Pepegununganan Iyang, dengan puncaknya Gunung Argopuro (3.088 m). Bagian timur ialah bab dari rangkaian Dataran Tinggi Ijen.

Jember mempunyai beberapa sungai antara lain Sungai Bedadung yang bersumber dari Pepegununganan Iyang di bab Tengah, Sungai Sunbulat yang persumber dari Pepegununganan Raung di bab timur, dan Sungai Bondoyudo yang bersumber dari Pepegununganan Semeru di bab barat.

LihatTutupKomentar