-->
Peta Kabupaten Lampung Barat
Kabupaten Lampung Barat ialah salah satu kabupaten di provinsi Lampung, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Liwa. Kabupaten ini dibuat menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1991 tanggal 16 Agustus 1991 yang ialah hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara. melaluiataubersamaini luas wilayah lebih kurang 3.368,14 km² Sesudah pemekaran Kabupaten Pesisir Barat atau 10,6 % dari luas wilayah Provinsi Lampung dan memiliki garis pantai sepanjang 260 km. Secara astronomi Lampung Barat terletak pada koordinat 4'47'16" - 5'56'42" lintang selatan dan 103'35'08" - 104'33'51" Bujur Timur.

Peta Kabupaten Lampung Barat


Kabupaten ini lebih banyak didominasi dengan perbukitan dengan pantai di sepanjang pesisir barat Lampung. Daerah pepegununganan yang ialah punggung Bukit Barisan, ditempati oleh vulkanik quarter dari beberapa formasi. Daerah ini berada pada ketinggian 50 - > 1000 mdpl. Daerah ini dilalui oleh sesar Semangka, dengan lebar zona sebesar ± 20 Km. Pada beberapa tempat dijumpai beberapa kegiatan vulkanik dan pemunculan gerah bumi.

Kawasan Wisata Terpadu Lumbok Ranau 
Keindahan Danau Ranau di Pekon Lumbok Kecamatan Sukau memang luar biasa, demikian diungkapkan banyak sekali kalangan yang pernah berkunjung ke Lumbok. Di tempat itu kita sanggup menyaksikan hamparan biru danau dengan latar belakang Gunung Seminung yang menjulang tinggi dan perbukitan hijau. Wisatawan juga menikmati kehangatan air gerah d ikaki Gunung Seminung, berperahu, dan berpiknik bersama keluarga.

Untuk memanjakan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat sudah membangun banyak sekali masukana ibarat akomodasi dua cottage dengan bak renang, hotel standar bintang 3 dengan enam belas kamar, restoran dan balai pertemuan atau convention hall dengan kapasitas 30 orang di lantai dasar dan 400 orang di lantai atas.

Wisata Alam Pekon Hujung
Objek wisata di Pekon Hujung Kecamatan Belalau, di sini terdapat Gunung tertinggi di Lampung Barat yaitu Gunung Pesagi, yang mana pegunungan ini dijadikan sebagai wahana wisata atau wisata alam. Wisatawan, selain berpetualang melaksanakan pendakian, sanggup melihat keindahan alam dan laut Lampung Barat dari ketinggian pegunungan, di sini juga terdapat homestay tradisional Lampung Barat yang dilengkapi dengan akomodasi yang memadai.

Wisata Alam Kubu Perahu
Lampung Barat memang tidak pernah habis. Satu lagi lokasi petualangan alam yang sangat menantang, yakni wisata alam Kubu Perahu di Kecamatan Balik Bukit. Di sini wisatawan sanggup menikmati rimbunnya pohon-pohon besar hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Lokasi ini sangat cocok untuk kegiatan jungle run. Wisatawan sanggup menikmati pedoman sungai yang jernih disepanjang perjalanan menapaki hutan daerah TNBBS. Selain itu wisatawan juga sanggup menikmati jeram Sepapa Kiri yang begitu jernih dan indah.

Wisata Bahari, Objek wisata laut terdapat di daerah pesisir Lampung Barat di antaranya:
  • Pantai Tanjung Setia. Terletak di Pesisir Selatan, 52 km dari Liwa potensi daya tarik yang ditawarkan ialah berselancar, berenang, menyelam, berperahu, berlayar, snorkeling, memancing, berjemur matahari, menyusuri pantai, mengumpulkan karang, dan fotografi.
  • Pantai Labuhan Jukung
  • Pantai labuhan jukung yang berlokasi di Pekon Kampung Jawa kecamatan, 35 km dari Liwa
  • Pesisir Selatan
  • Pantai Way Jambu. Terletak di Pesisir Selatan, 60 km dari Liwa potensi daya tarik yang ditawarkan ialah berenang, menyelam, bersepeda, selancar angin, berkemah, dan berjemur matahari.
  • Pantai Way Sindi, Pesisir Tengah, 34 km dari Liwa
  • Pantai Suka Negara, Bengkunat, 68 km dari Liwa
  • Pantai Way Haru, Bengkunat, 212 km dari Liwa.

Moto: Beguai Jejama
("Bekerja bersama dan bergotong royong tanpa memandang asal dan suku bangsa")

LihatTutupKomentar