-->
Peta Kabupaten Lumajang
Kabupaten Lumajang, ialah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya ialah Lumajang. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di utara, Kabupaten Jember di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Malang di barat. Kabupaten Lumajang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur.

Peta Kabupaten Lumajang



Kabupaten Lumajang terletak pada 112°53' - 113°23' Bujur Timur dan 7°54' - 8°23' Lintang Selatan. Luas wilayah keseluruhan Kabupaten Lumajang ialah 1790,90 km2. Lumajang ialah salah satu kabupaten yang terletak di tempat Tapal Kuda Provinsi Jawa Timur. 

Di cuilan barat, yakni di perbatasan dengan Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo, terdapat rangkaian Pepegununganan Bromo-Tengger-Semeru, dengan puncaknya Gunung Semeru (3.676 m) dan Gunung Bromo (2.392 m). Gunung Semeru ialah pegunungan tertinggi di Pulau Jawa.

Bagian timur maritim ialah ujung barat Pepegununganan Iyang. Sedangkan cuilan selatan ialah daerah datar, dengan sedikit wilayah berbukit sampai berpegunungan di sebelah barat. Kabupaten Lumajang dikelilingi tiga pegunungan berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Lemongan. Dari ketiga pegunungan berapi yang masih aktif tersebut, Gunung Semeru menerima prioritas pemantauan lebih dibanding yang lainnya sebab seringnya terjadi acara pegunungan berapi yang membahayakan masyarakat sekitarnya.

LihatTutupKomentar