-->
Peta Kabupaten Mesuji
Kabupaten Mesuji ialah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung, Indonesia. Mesuji ialah kabupaten dengan jarak terjauh dari Bandar Lampung, ibukota Lampung, serta berbatasan pribadi dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten ini memisahkan diri dari kabupaten Tulang Bawang dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008. Luas wilayah kabupaten ini ialah 2.184,00 km² sedangkan jumlah penduduknya sebanyak 189.999 jiwa (2006).

Peta Kabupaten Mesuji 
Sesuai dengan amanah UU No.49 tahun 2008 ihwal Pembentukan Kabupaten Mesuji, diputuskan bahwa ibu kota Kabupaten Mesuji ialah kecamatan Mesuji, menurut hasil musyawarah tokoh-tokoh masyarakat diputuskan bahwa ibukota terletak tepatnya di Kampung Wiralaga Mulya Kecamatan Mesuji. Nama "Wiralaga Mulya" diambil dari penggabungan dua kampung di Kecamatan Mesuji yaitu Kampung Wiralaga dan Kampung Sidomulya yang juga menurut hasil musyawarah tokoh masyarakat dan para tetua sopan santun yang ada di Kabupaten Mesuji.

Pemilihan ibukota kabupaten di Kecamatan Mesuji ialah solusi terbaik dalam hal pemerataan peluang pembangunan, dalam hal ini Kabupaten Mesuji menggunakan prinsip "Segitiga Emas" yakni Kecamatan Mesuji Sebagai Pusat Pemerintahan, Kecamatan Mesuji Timur sebagai pusat pertanian dan perikanan yang didukung oleh Kecamatan Rawa Jitu Utara, di mana Kecamatan Mesuji Timur sendiri terdapat Kota Terpadu Mandiri dan yang terakhir ialah Kecamatan Simpang Pematang dan Way Serdang yang secara geografis dilalui Jalan Lintas Timur Sumatera dijadikan pusat Perdagangan dan Pengembangan ekonomi. sedangkan Kecamatan Panca Jaya dan Kecamatan Tanjung Raya yang terdapat di ditengah tengan segitiga emas tersebut dengan sendirinya sanggup menikmati pembangunan secara pribadi dan/atau tidak pribadi akhir dari bergeraknya roda pemerintahan, pertanian serta perdagangan di Kabupaten Mesuji. Kabupaten Mesuji masih sangat jauh kurang bakir di banding kabupaten-kabupaten di lampung lainnya. listrik yang masih menggunakan tenaga diesel. Jalan sebagian besar masih dari tanah sehingga waktu hujan acara ekonomi agak tersendat alasannya ialah jalan rusak.

'Moto: Sai Bumi Serasan Segawi'

LihatTutupKomentar