-->
Peta Kabupaten Sleman
Kabupaten Sleman yakni kabupaten di Daerah spesial Yogyakarta, Indonesia. Ibukota kabupaten ini yakni Sleman. Kabupaten ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di utara dan timur, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul, dan Kota Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di barat. Pusat pemerintahan di Kecamatan Sleman, yang berada di jalur utama antara Yogyakarta - Semarang.

Peta Kabupaten  Sleman


Berbagai sekolah tinggi tinggi yang ada di Yogyakarta sebetulnya secara administratif terletak di wilayah kabupaten ini, di antaranya Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Kabupaten Sleman dikenal sebagai asal buah salak pondoh.

Bagian utara kabupaten ini ialah pepegununganan, dengan puncaknya Gunung Merapi di perbatasan dengan Jawa Tengah, salah satu pegunungan berapi aktif yang paling berbahaya di Pulau Jawa. Sedangkan di bab selatan ialah dataran rendah yang rindang. Di antara sungai-sungai besar yang melintasi kabupaten ini yakni Kali Progo (membatasi kabupaten Sleman dengan Kabupaten Kulon Progo), kali Code, kali Kuning, kali Opak dan Kali Tapus.

LihatTutupKomentar