-->
Peta Negara Thailand

Kerajaan Thai , yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai (dibaca: meng-thai, sama dengan versi Inggrisnya, berarti Negeri Thai), yaitu sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Kerajaan Thai lampau dikenal sebagai Siam hingga tanggal 11 Mei 1949. Kata Thai  berarti "kebebasan" dalam bahasa Thai, namun juga sanggup merujuk kepada suku Thai, sehingga menjadikan nama Siam masih dipakai di kalangan masyarakat negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa.


Peta Negara Thailand


Kerajaan Thai ialah daerah terletak dan posisinya beberapa wilayah geografis yang tidak sama. Di sebelah utara, keadaannya berpegunungan-pegunungan, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur bahari terdiri dari Hamparan Khorat, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu.

Cuaca setempat yaitu tropis dan bercirikan monsun. Ada monsun hujan, hangat dan berawan dari sebelah barat daya antara pertengahan Mei dan September, serta monsun yang kering dan sejuk dari sebelah timur bahari dari November hingga pertengahan Maret. Tanah genting di sebelah selatan selalu gerah dan lembab. Kota-kota besar selain ibu kota Bangkok termasuk Nakhon Ratchasima, Nakhon Sawan, Chiang Mai, dan Songkhla.

Kerajaan Thai berbatasan dengan Laos dan Myanmar di sebelah utara, dengan Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dengan Myanmar dan Laut Timur di barat dan dengan Laos dan Kamboja di timur. Koordinat geografisnya yaitu 5°-21° LU dan 97°-106° BT

LihatTutupKomentar