-->
Peta Kabupaten Sabu Raijua
Kabupaten Sabu Raijua yakni salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kabupaten Sabu Raijua ialah  Daerah Otonom yang gres terbentuk Tahun 2008 berdasarkan Undang - undang Nomor 52 Tahun 2008 tanggal 26 Nopember 2008, yaitu pemekaran dari Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur di mana Kabupaten Sabu Raijua ialah Kabupaten yang ke-21 di provinsi Nusa Tenggara Timur.

Peta Kabupaten Sabu Raijua


Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya Tanah dari Hawu dan orang Sabu sendiri menyebut dirinya dengan sebutan Do Hawu. Nama resmi yang dipakai pemerintah setempat yakni Sabu. Masyarakat Sabu membuktikan bahwa nama pulau itu berasal dari nama Hawu Ga yakni nama salah satu leluhur mereka yang dianggap mula-mula menhadiri pulau tersebut.

Diyakini terdapat imbas Majapahit yang pada kala ke-14 hingga pertama kala ke-16 berhasil menguasai dan menyatukan seluruh nusantara terhadap kehidupan masyarakat Sabu. Beberapa bukti tersebut sanggup dilihat pada :
  • Mitos (cerita rakyat) yang mempersembahkan penghormatan terhadap Raja Majapahit sehingga muncul dongeng bahwa Raja Majapahit dan istrinya pernah tinggal di Ketita di Pulau Raijua dan Pulau Sabu.
  • Ada kewajiban bagi setiap rumah tangga untuk memelihara babi yang setiap ketika akan dikumpul untuk persembahan kepada Raja Majapahit.
  • Ada kerikil peringatan untuk Raja Majapahit yang disebut Wowadu Maja dan sebuah Sumur Maja di wilayah Daihuli erat Ketita.
  • Setiap 6 tahun sekali ada upacara yang diadakan oleh salah satu Udu di Raijua, Udu Nadega yang didiberi julukan Ngalai yang berdasarkan dongeng yakni keturunan orang-orang Majapahit.
  • Motif pada tenunan selimut orang Sabu yang bergambar Pura, mempersembahkan kesan adanya imbas Hindhu.
Di Mesara ada desa yang berjulukan Tana Jawa yang penduduknya memiliki profil menyerupai orang Jawa dan ada daerah di erat pelabuhan Mesara yang disebut dengan Molie yang diperkirakan diambil dari bahasa Jawa 'mulih o' yang berarti pulang.

Wilayah Kabupaten Sabu Raijua dibagi menjadi 6 kecamatan, yaitu:
  1. Hawu Mehara
  2. Raijua
  3. Sabu Barat
  4. Sabu Liae
  5. Sabu Tengah
  6. Sabu Timur
Objek wisata sabu raijua didominasi oleh wisata budaya dan wisata pantai. Adapun beberapa yang cukup dikenal oleh wisatawan lokal, yaitu:
  • Kelabba Maja
  • Pantai Seba dan Pantai Napae
  • Berbagai event upacara adat
  • Pantai Rai Mea
  • Pantai Bollow
  • Kampung Adat Namata
  • Gua Liemadira
Hal menarikdanunik lainnya dari sejarah Sabu yakni bahwa ternyata Kapten James Cook, penemu Benua Australia, Kepulauan Hawai dan orang pertama yang mengelilingi serta membuat peta Selandia Baru, pernah singgah di Pulau Sabu. Dalam perjalanannya menuju Batavia pada tahun 1770, Kapal HM Bark Endeavour terdampar di Pulau Sabu jawaban kehabisan perbekalan. Kapten James Cook mendapat menolongan logistik dari penguasa Sabu pada masa itu yaitu Raja Ama Doko Lomi Djara sehingga sanggup berlayar kembali.

LihatTutupKomentar