-->
Kotamobagu
Kota Kotamobagu yakni salah satu kota di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kota ini dibuat menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007. Jumlah penduduk dari hasil pendaftaran pada tahun 2012, yaitu sebesar 108.794 yang terdiri dari penduduk pria 55.415 dan penduduk wanita 53.379. Kota Kotamobagu mencakup beberapa aspek wilayah daratan dan kepulauan yang mempunyai daratan seluas 184.33 km2.

Kotamobagu


Kota Kotamobagu ialah hasil pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertujuan untuk memajukan daerah, membangun kesejahteraan rakyat, megampangkan pelayanan, dan memobilisasi pembangunan bagi terciptanya kesejahteraan serta kemakmuran rakyat totabuan. Desa Bolaang terletak di tepi pantai utara yang pada kurun 17 hingga final kurun 19 menjadi tempat kedudukan istana raja, sedangkan desa Mongondow terletak sekitar 2 km selatan Kotamobagu.

Kota Kotamobagu terletak di ketinggian antara 180 - 130 meter di atas permukaan bahari (dpl). Posisi Kota Kotamobagu berada di sebuah lembah yang dikelilingi pepegununganan dan dilewati beberapa sungai, antara lain sungai Bonodon, sungai Yoyak, dan sungai Motoboi Besar di Kotamobagu Timur; sungai Yantaton dan sungai Kope' di Kotamobagu Selatan; sungai Kelurahan Mongkonai dan sungai Ongkaw Mongondow di Kotamobagu Barat; sungai Bilalang, sungai Toko dan sungai Kotobangon di Kotamobagu Utara.

LihatTutupKomentar