-->
Peta Kabupaten Bojonegoro
Kabupaten Bojonegoro berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya yakni Bojonegoro. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tuban di utara, Kabupaten Lamongan di timur, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi di selatan, serta Kabupaten Blora (Jawa Tengah) di barat. Bagian barat Bojonegoro (perbatasan dengan Jawa Tengah) ialah bab dari Blok Cepu, salah satu sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia.

Peta Kabupaten Bojonegoro




Kota Bojonegoro terletak di jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Kota ini juga dilintasi jalur kereta api jalur Surabaya-Semarang-Jakarta.

Bengawan Solo mengalir dari selatan, menjadi batas alam dari Provinsi Jawa Tengah, lalu mengalir ke arah timur, di sepanjang wilayah utara Kabupaten Bojonegoro. Bagian utara ialah Daerah Aliran Sungai Bengawan Solo yang cukup rindang dengan pertanian yang ekstensif. Kawasan pertanian umumnya ditanami padi pada isu terkini penghujan, dan tembakau pada isu terkini kemarau. Bagian selatan yakni pepegununganan kapur, bab dari rangkaian Pepegununganan Kendeng. Bagian barat maritim (berbatasan dengan Jawa Tengah) yakni bab dari rangkaian Pepegununganan Kapur Utara.


Keadaan topografi Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh keadaan tanah yang berbukit yang berada di sebelah selatan (Pepegununganan Kapur Selatan) dan sebelah utara (Pepegununganan Kapur Utara) yang mengapit dataran rendah yang berada di sepanjang fatwa Bengawan Solo yang ialah kawasan pertanian yang rindang.  Lebih jelaskondisi topografidi Kabupaten Bojonegoro. Wilayah Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh lahan dengan kemienteng yang relatif datar. Hal tersebut sanggup ditunjukkan pada tabel diatas, bahwa 91,26% wilayah Kabupaten Bojonegoro mempunyai kemienteng antara 0-15%. Permukaan tanah di Kabupaten Bojonegoro rata-rata berada pada ketinggian dari permukaan maritim yang relatif rendah, yaitu berada pada ketinggian antara 25 - 500 m dari permukaan laut.

LihatTutupKomentar