-->
Peta Italia / Italy Map

Italia terdiri dari semenanjung besar yang ibarat sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania, bersama dengan dua pulau besarnya Sisilia dan Sardinia. Di timur-laut ialah Laut Adriatik, di tenggara Laut Ionia, lalu Laut Tirenia di barat-daya dan Laut Liguria di barat-laut.

Pepegununganan Apennina menjadi tulang belakang semenanjung ini, memanjang ke arah barat maritim sampai bergabung dengan Alpen, barisan pepegununganan yang membentuk lengkungan yang membatasi Italia di sisi utara. Di wilayah ini juga ditemukan dataran alluvial besar, dataran Po-Venesia, yang dialiri oleh Sungai Po dengan banyak anak sungainya mengalir dari Alpen, Apennina dan Dolomites. Sungai populer lainnya termasuk Tiber, Adige, dan Arno.
Titik tertingginya ialah Gunung Blanc (Monte Bianco) pada 4.810 m. Namun demikian, Italia biasanya lebih dikaitkan dengan dua pegunungan berapi yang terkenal: Vesuvius erat Napoli yang kini ini tidak aktif dan Etna yang sangat aktif di Sisilia.

Roma, ibukota Italia, selama berabad-abad ialah sentra politik Dunia Barat. Kota tersebut pernah menjadi ibukota Kekaimasukan Romawi. Sesudah jatuhnya Romawi, Italia terus-menerus diserang oleh bangsa-bangsa asing, dari suku-suku Jermanik mirip Lombard dan Ostrogoth, sampai Bizantium. Beberapa era kemudian, Italia menjadi daerah lahirnya Renaisans, gerakan intelektual yang penting dalam membentuk aliran bangsa Eropa.


Peta Italia / Italy map

LihatTutupKomentar