-->
Peta Kabupaten Bondowoso
Kabupaten Bondowoso yaitu salah satu kabupaten dalam Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan kawasan tapal kuda. Ibukotanya yaitu Bondowoso. Ibu kota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember. Kabupaten Bondowoso ialah salah satu kabupaten yang tidak mempunyai wilayah maritim (terkurung daratan) dan terletak di wilayah Tapal Kuda.

Peta Kabupaten Bondowoso 



Kabupaten Bondowoso mempunyai luas wilayah 1.560,10 km2 yang secara geografis berada pada koordinat antara 113°48′10″ - 113°48′26″ BT dan 7°50′10″ - 7°56′41″ LS.

Letak Kabupaten Bondowoso tidak berada pada kawasan yang strategis. Meskipun berada di tengah, namun Kabupaten Bondowoso tidak dilalui jalan negara yang menghubungkan antar provinsi. Bondowoso juga tidak mempunyai lautan. Ini yang menyebabkan Bondowoso susah berkembang dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Kabupaten Bondowoso mempunyai suhu udara yang cukup sejuk berkisar 15,40 0C – 25,10 0C, alasannya yaitu berada di antara pepegununganan Kendeng Utara dengan puncaknya Gunung Raung, Gunung Ijen dan sebagainya di sebelah timur serta kaki penpegununganan Hyang dengan puncak Gunung Argopuro, Gunung Krincing dan Gunung Kilap di sebelah barat. Sedangkan di sebelah utara terdapat Gunung Alas Sereh, Gunung Biser dan Gunung Bendusa.

LihatTutupKomentar