-->
Peta Kabupaten Lamongan
Kabupaten Lamongan ialah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya Lamongan.  Pusat pemerintahan Kabupaten Lamongan terletak 50 km sebelah barat Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan ialah salah satu wilayah yang masuk dalam daerah metropolitan Surabaya, yaitu Gerbangkertosusila.

Peta Kabupaten Lamongan



Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Gresik di timur, Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Jombang di selatan, serta Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban di barat.

Kabupaten Lamongan dilintasi jalur utama pantura yang menghubungkan Jakarta-Surabaya, yakni sepanjang pesisir utara Jawa.Jalan ini sendiri melewati kecamatan Paciran yang mempunyai banyak tempat pariwisata. Kota Lamongan sendiri juga dilintasi jalur Surabaya-Cepu-Semarang. Babat ialah persimpangan antara jalur Surabaya-Semarang dengan jalur Jombang-Tuban. Lamongan juga dilintasi jalur kereta api lintas utara Pulau Jawa. Stasiun kereta api terbesarnya ialah di Lamongan dan Stasiun Babat|Babat.

Jika dilihat dari tingkat kemienteng tanahnya, wilayah Kabupaten Lamongan ialah wilayah yang relatif datar, sebab hampir 72,5% lahannya ialah datar atau dengan tingkat kemienteng 0-2% yang tersebar di kecamatan Lamongan, Deket, Turi,Sekaran, Tikung, Pucuk, Sukodadi, Babat, Kalitengah, Karanggeneng,Glagah, Karangbinagun,Mantup, Sugio, Kedungpring, Sebagian Bluluk, Modo, dan Sambeng, sedangkan spesialuntuk sebagian kecil dari daerahnya ialah sangat curam, atau kurang dari 1% (0,16%) yang mempunyai tingkat kemirimgan lahan 40% lebih.

LihatTutupKomentar