-->
Peta Kabupaten Way Kanan
Kabupaten Way Kanan ialah salah satu kabupaten di provinsi Lampung, Indonesia yang ialah salah satu pemekaran dari Lampung Utara, Kabupaten Waykanan di bentuk menurut Undang-undang No.12 tahun 1999 tanggal 20 April 1999 ihwal Pembentukan Kabupaten Dati II Way Kanan, Kabupaten Dati II Lampung Timur dan Kotamadya Metro. Peresmian Kabupaten Way Kanan dilakukan pada tanggal 27 April 1999 ditandai dengan peresmian Pejabat Bupati oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta.

Peta Kabupaten Way Kanan


Berkaitan dengan itu, maka pada Tanggal 27 April diputuskan sebagai hari jadi Kabupaten Way Kanan. Waykanan ialah salah satu kabupaten di wilayah Lampung. Kabupaten Way Kanan ini ibu kotanya ialah Blambangan Umpu. Pemilihan Blambangan Umpu sebagai ibu kota Kabupaten Way Kanan memang tepat. Beberapa alasan memperkuat pernyataan ini ialah :

  • Tempatnya strategis alasannya ialah berada di tengah-tengah wilayah Way Kanan, sehingga untuk melaksanakan pengawasan terhadap seluruh kawasan di wilayah Way Kanan oleh pemerintah kabupaten akan lebih gampang
  • Blambangan Umpu berada dijalur kemudian lintas jalan darat dari banyak sekali arah yaitu Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung sendiri.

LihatTutupKomentar