-->
Peta Kabupaten Aceh Tamiang
Kabupaten Aceh Tamiang adalah penggalan dari Kabupaten Aceh Timur dan adalah satu-satunya daerah di Aceh yang banyak bermukim etnis Melayu (60%). Walaupun dalam jumlah populasi suku Jawa (20%) lebih banyak dibandingkan dengan etnis Melayu, namun dalam pemerintahan orang Melayu lebih dominan. Selain kedua etnis tersebut, suku Aceh (15%) juga banyak dijumpai di kabupaten ini.

Peta Kabupaten Aceh Tamiang


Istilah "Tamiang" berasal dari kata Da Miang. Sejarah mengatakan wacana eksistensi wilayah Tamiang menyerupai prasasti Sriwijaya, lalu ada riwayat dari Tiongkok karya Wee Pei Shih yang mencatat eksistensi negeri Kan Pei Chiang (Tamiang), atau Tumihang dalam Kitab Nagarakretagama. Daerah ini juga dikenal dengan nama Bumi Muda Sedia, sesuai dengan nama Raja Muda Sedia yang memerintah wilayah ini selama 6 tahun (1330-1336). Raja ini mendapat Cap Sikureung dan hak Tumpang Gantung dari Sultan Aceh atas wilayah Karang dan Kejuruan Muda pada masa itu.

Kabupaten ini berada di jalur timur Sumatera yang strategis dan spesialuntuk berjarak lebih kurang 250 km dari Kota Medan sehingga susukan serta harga barang di daerah ini relatif lebih murah daripada daerah Aceh lainnya. Di samping itu, daerah ini relatif lebih kondusif semasa GAM berjaya lampau. Ketika undangan mogok oleh GAM diberlakukan di seluruh Aceh, spesialuntuk daerah ini khususnya Kota Kuala Simpang yang acara ekonominya tetap berjalan.

LihatTutupKomentar