-->
Peta Kabupaten Kotawaringin Timur
Kabupaten Kotawaringin Timur ialah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sampit. Kabupaten ini mempunyai luas wilayah 16.496 km² dan berpenduduk kurang lebih sebanyak 373.842 jiwa pada tahun 2010. Kabupaten Kotawaringin Timur dengan luas seluruhnya 16.496 km², terdiri dari 13 kecamatan, 132 desa dan 12 kelurahan, terletak di antara 111°0’50” - 113°0’46” BT dan 0°23’14”- 3°32’54” LS,

Peta Kabupaten Kotawaringin Timur

Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur mempunyai topografi yang bervariasi, pada ketinggian antara 0-60 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar ialah dataran rendah yang mencakup bab selatan hingga bab tengah memanjang dari timur ke barat, sedangkan bab utara ialah dataran tinggi yang berbukit. 

Pantai Ujung Pandaran terletak di Muara Teluk Sampit atau yang lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Sungai Mentaya. Pantai yang masih asri ini termasuk unik, alasannya ialah salah satu bab pribadi menghadap ke Laut Jawa dengan debur ombaknya yang besar, sedangkan bab yang lain menghadap ke Muara Sungai Mentaya dihiasi deburan kecil ombak yang gemerisik menyebabkan pantai ini lebih sempurna, tenang dan tenang saat menyaksikan hadirnya sang surya di kejauhan memancarkan hangatnya cahaya. Lokasi ini terletak sekitar 45 km sebelah selatan Kota Samuda ( Ibukota Kecamatan Mentaya Hilir Selatan), atau kurang lebih 85 km dari Pusat Kota Sampit (Ibukota Kabupaten Kotawaringin Timur), tidak jauh dari jalan lintas Sampit - Kuala Pemmembuang (Kabupaten Seruyan).

LihatTutupKomentar