-->
Peta Kabupaten Barru
Kabupaten Barru ialah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Barru. Kabupaten ini mempunyai luas wilayah 1.174,72 km² dan berpenduduk sebanyak 159.235 jiwa (2006).

Peta Kabupaten Barru


Kabupaten Barru lampau sebelum terbentuk ialah sebuah kerajaan kecil yang masing-masing dipimpin oleh seorang raja, yaitu: Kerajaan Berru (Barru), Kerajaan Tguate, Kerajaan Soppeng Riaja dan Kerajaan Mallusetasi. Pada masa pemerintahan Belanda dibuat Pemerintahan Sipil Belanda di mana wilayah Kerajaan Barru, Tguate dan Soppeng Riaja dimasukkan dalam wilayah Onder Afdelling Barru yang bernaung dibawah Afdelling Parepare.

Seiring dengan perjalanan waktu, maka pada tanggal 24 Februari 1960 ialah tonggak sejarah yang menandai pertama kelahiran Kabupaten Daerah Tingkat II Barru dengan ibukota Barru, menurut Undang-Undang Nomor 229 tahun 1959 wacana pembentukan Daerah-daerah Tingkat II di Sulawesi Selatan. Kabupaten Barru terbagi dalam 7 Kecamatan yang mempunyai 40 Desa dan 14 Kelurahan, berada ± 102 Km di sebelah Utara Kota Makassar, ibukota Sulawesi Selatan.

LihatTutupKomentar